Mad iwadh dan mad tamkin
Assalaamu'alaikum wr.wb
3.Mad 'iwadh مَدُّ عِوَضٍ
mad iwadh yaitu terjadi pada saat waqof(berhenti) pada huruf yg berakhiran fathah tain
dan panjang bacaannya 2harakat.
contoh di Qs.al-'aadiyat : 1-5
وَالْعٰدِيٰتِ ضَبْحًا
wal 'aadiyaati dhobhaa
فَالْمُوْرِيٰتِ قَدْحًا
fal muuriyaati qodhaa
فَالْمُغِيْرٰتِ صُبْحًا
fal mughiirooti shubhaa
فَاَثَرْنَ بِهٖ نَقْعًا
fa-atsarna bihii naq'aa
فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًا
fawasathna bihii jam'aa
dan contoh-contoh lain dalam al-quran dan ingat kadar bacaannya 2harakat.
Atau ketika mewaqofkan di tengah-tengah ayat seperti
Qs.Al-baqarah:2
ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدًى..
dzaalikal kitaabu laa roiba fiihi hudaa...(bukan hudan)
Tapi kalau di washolkan lagi(di sambungkan) maka hukum nya kembali seperti semula yaitu idgham bilaghunnah.
فِيْهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ
fiihi hudal lilmuttaqiina.
silahkan baca Idgham bilagunnah
4.Mad tamkin مَدُّ تَمْكِيْنٍ
yaiutu mad yg terdapat pada huruf "Ya" yg bertasydid dan berharokat kasroh bertemu dengan "ya"sukun
contoh:
Ash- shaf(61):14
.....كَمَا قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّيْنَ مَنْ أَنْصَارِيْٓ إِلَى اللّٰهِ.
(Mad tamkin لِلْحَوَارِيِّيْنَ)
.....كَمَا قَالَ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّيْنَ مَنْ أَنْصَارِيْٓ إِلَى اللّٰهِ.
(Mad tamkin لِلْحَوَارِيِّيْنَ)
Al-ahzab(33):40
مَاكَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍمِّنْ رِّجَالِكُمْ وَلٰكِنْ رَّسُوْلَ اللّٰهِ وَجَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا.
(Mad tamkin النَّبِيِّيْنَ )
Al-jumuah(62):2
هُوَ الَّذِيْ بَعَثَ فِى الْأُمِّيِّيْنَ رَسُوْلاً...
(Mad tamkin الْأُمِّيِّيْنَ )
An-nisa(4):86
وَإِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍفَحَيُّوْا بٍأَحْسَنَ مِنْهَآ....
(Mad tamkin حُيِّيْتُمْ)
Catatan:
Mad tamkin yg ada di Qs.ash-shaf,al-ahzab dan al-jum'ah
Dia di hukumi mad tamkin apabila di baca washol/tidak berhenti,Jika membacanya di waqofkan(berhenti)
pada mad tamkin nya maka ini di hukumi sebagai mad 'arid lissukun.
Contoh:
Di berhentikan pad kata لِلْحَوَارِيِّيْنَ "lilhawaariyyiiiin" maka ini di hukumi mad 'aridh lissukun bukan mad tamkin lagi dan kadar bacaan nya pun berbeda.
Di berhentikana pada kata الْأُمِّيِّيْنَ "ummiyyiiiin" ini juga sama menjadi mad 'aridh lissukun.
Dia menjadi mad tamkin apabila di baca washol dengan kata yg ada di depannya.
Mad tamkin yg ada di Qs.ash-shaf,al-ahzab dan al-jum'ah
Dia di hukumi mad tamkin apabila di baca washol/tidak berhenti,Jika membacanya di waqofkan(berhenti)
pada mad tamkin nya maka ini di hukumi sebagai mad 'arid lissukun.
Contoh:
Di berhentikan pad kata لِلْحَوَارِيِّيْنَ "lilhawaariyyiiiin" maka ini di hukumi mad 'aridh lissukun bukan mad tamkin lagi dan kadar bacaan nya pun berbeda.
Di berhentikana pada kata الْأُمِّيِّيْنَ "ummiyyiiiin" ini juga sama menjadi mad 'aridh lissukun.
Dia menjadi mad tamkin apabila di baca washol dengan kata yg ada di depannya.
Silahkan baca tentang Hukum mad 'aridh lissukun
Dan di dalam mushaf al-qur'an yg pernah saya baca biasanya di tulis seperti لِلْحَوَارِيّٖنَ "ya" sukunnya di tiadakan dan sama seperti yg lainnya dan ini sama saja hukumnya mad tamkin.
Dan di dalam mushaf al-qur'an yg pernah saya baca biasanya di tulis seperti لِلْحَوَارِيّٖنَ "ya" sukunnya di tiadakan dan sama seperti yg lainnya dan ini sama saja hukumnya mad tamkin.
-Wallahu a'lam-
Komentar
Posting Komentar