Kajian kitab al adabul mufrad.
Karya muhammad bin ismail al bukhari.
Karya muhammad bin ismail al bukhari.
Oleh ust.dr.Syafiq riza basalamah.
Radio rodja dan rodjatv
Download kajiannya [ Disini ]
10.Bab orang yang Mendapati Kedua Orang Tuanya (dalamUsia Lanjut) lalu Dia Tidak Masuk Surgaبَابُ مَنْ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ فَلَمْ يَدْخُلِ الْجَنَّةَ
Hadits no.21
٢١ - حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُهَيْلٌ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «رَغِمَ أَنْفُهُ، رَغِمَ أَنْفُهُ، رَغِمَ أَنْفُهُ» ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ؟ قَالَ: «مَنْ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ عِنْدَ الْكِبْرِ، أَوْ أَحَدَهُمَا، فَدَخَلَ النَّارَ»
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
٢١ - حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ قَالَ: حَدَّثَنَا سُهَيْلٌ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «رَغِمَ أَنْفُهُ، رَغِمَ أَنْفُهُ، رَغِمَ أَنْفُهُ» ، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ؟ قَالَ: «مَنْ أَدْرَكَ وَالِدَيْهِ عِنْدَ الْكِبْرِ، أَوْ أَحَدَهُمَا، فَدَخَلَ النَّارَ»
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
21.Dari Abu hurairah r.a,dari Nabi s.a.w bersabda:<<Celaka seseorang,celaka seseorang,celaka seseorang>> Para sahabat berkata:Siapa wahai Rosulullah ? Bersabda:<< seseorang yang mendapati kedua orangtua nya dalam usia lanjut atau salah satunya tapi dia masuk neraka>>
[Berkata syaikh Al-bani; shahih]
-Ketika seorang anak mendapati orangtua nya dalam kondisi sudah tua maka ini kesempatan baginya untuk berbakti,berbuat baik padanya hingga dia akan masuk ke surganya Allah s.w.t,jangan sampai seorang anak malah mesuk ke dalam neraka.
11.Bab barang siapa yang berbakti pada kedua orangtua nya maka Allah s.w.t akan menambahkan umur بَابُ مَنْ بَرَّ وَالِدَيْهِ زَادَ اللَّهُ فِي عُمْرِهِ
Hadits no.22
٢٢ - حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الْفَرَجِ قَالَ: أَخْبَرَنِي ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَيُّوبَ، عَنْ زَبَّانَ بْنِ فَائِدٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ بَرَّ وَالِدَيْهِ طُوبَى لَهُ، زَادَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي عُمْرِهِ»
[قال الشيخ الألباني] :
ضعيف
٢٢ - حَدَّثَنَا أَصْبَغُ بْنُ الْفَرَجِ قَالَ: أَخْبَرَنِي ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَيُّوبَ، عَنْ زَبَّانَ بْنِ فَائِدٍ، عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ بَرَّ وَالِدَيْهِ طُوبَى لَهُ، زَادَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي عُمْرِهِ»
[قال الشيخ الألباني] :
ضعيف
22.Dari Sahl bin mu'adz,dari ayah nya berkata: Bersabda Nabi s.a.w :<<barang siapa yang berbakti pada kedua orangtua maka kebaikan yang banyak untuk nya,Allah azza wajalla akan menambahkan umurnya>>
[Berkata syaikh al-bani: dhoif]
[Berkata syaikh al-bani: dhoif]
Secara sanad hadits ini dhoif tapi secara makna hadits ini shahih karena ada banyak hadits-hadits shahih yang serupa maknanya dengan hadits ini.
Seperti hadits yang di riwayatkan oleh imam ahmad,ibnu majah,tirmidzi,di hasankan oleh al-bani.
Rosulullah s.a.w bersabda:"Tidaklah sesuatu yang dapat menolak taqdir itu kecuali do'a dan tidak ada amalan yang dapat memanjangkan umur kecuali berbuat baik"
Dalam hadits ini berbuat baik dapat memanjangkan umur terutama berbuat baik pada kedua orangtua.
Rosulullah s.a.w bersabda:"barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan di panjangkan umur nya hendaklah ia menyambung silaturahim"Hr.Bukhari dan Muslim.Seperti hadits yang di riwayatkan oleh imam ahmad,ibnu majah,tirmidzi,di hasankan oleh al-bani.
Rosulullah s.a.w bersabda:"Tidaklah sesuatu yang dapat menolak taqdir itu kecuali do'a dan tidak ada amalan yang dapat memanjangkan umur kecuali berbuat baik"
Dalam hadits ini berbuat baik dapat memanjangkan umur terutama berbuat baik pada kedua orangtua.
(Terutama silaturahim pada kedua orangtua)
12.Bab tidak memohonkan ampun bagi orang tua yang musyrik.بَابُ لاَيَستَغْفِرُ لِأَبِيْهِ الْمُشْرِكِ
Hadits no.23
٢٣ - حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ: أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: {إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ} [الإسراء: ٢٣] إِلَى قَوْلِهِ: {كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا} [الإسراء: ٢٤] ، فَنَسَخَتْهَا الْآيَةُ فِي بَرَاءَةَ: {مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ} [التوبة: ١١٣]
[قال الشيخ الألباني] :
حسن
٢٣ - حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ: أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ يَزِيدَ النَّحْوِيِّ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ: {إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ} [الإسراء: ٢٣] إِلَى قَوْلِهِ: {كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا} [الإسراء: ٢٤] ، فَنَسَخَتْهَا الْآيَةُ فِي بَرَاءَةَ: {مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ} [التوبة: ١١٣]
[قال الشيخ الألباني] :
حسن
23.Dari ikrimah,dari ibnu 'abbas tentang firman Allah 'azza wajalla:{jika salah seorang dari kedu orangtua atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaan mu,maka sesekali janganlah kamu mengatakan pada keduanya perkataan"ah"dan janganlah kau membentak keduanya dan ucapkanlah pada keduanya perkataan yang baik * Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah : "Wahai tuhanku sayangilah keduanya sebagaiman mereka berdua telah mendidik ku pada waktu kecil.} [al-isra:23-24]
Ibnu 'abbas berkata ayat ini telah di hapus dengan surat at-taubah:113{Tidak pantas bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memohonkan ampunan(kepada Allah) bagi orang-orang musyrik,sekalipun orang itu kaum kerabat nya,telah jelas bagi mereka bahwa orang-orang musyrik itu penghuni neraka jahanam.}
[Berkata syaikh al-bani shahih]
Kesimpulan hadits:
-ayat Qs.al-isra:23-24 dihapus dengan Qs.at-taubah yaitu dalam Qs.al-isra:24 disitu seorang anak mendoakan kedua orang tua nya ayat ini telah dihapus dengan Qs.at-taubah yang mana Allah melarang Nabi dan orang-orang beriman untuk mendoakan orang-orang musyrik.
-ayat Qs.al-isra:23-24 dihapus dengan Qs.at-taubah yaitu dalam Qs.al-isra:24 disitu seorang anak mendoakan kedua orang tua nya ayat ini telah dihapus dengan Qs.at-taubah yang mana Allah melarang Nabi dan orang-orang beriman untuk mendoakan orang-orang musyrik.
-Seorang anak yang mendapati kedua orang tuanya masih musyrik/kafir hendaklah ia mendakwahi,mengajak orangtua nya dengan lemah lembut untuk masuk islam dan mentauhidkan Allah s.w.t
13.Bab berbakti pada orangtua walaupun musyrik.
Hadits no.24
٢٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ قَالَ: حَدَّثَنَا سِمَاكٌ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ قَالَ: نَزَلَتْ فِيَّ أَرْبَعُ آيَاتٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى: كَانَتْ أُمِّي حَلَفَتْ أَنْ لَا تَأْكُلَ وَلَا تَشْرَبَ حَتَّى أُفَارِقَ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا} [لقمان: ١٥] . وَالثَّانِيَةُ: إِنِّيْ كُنْتُ أَخَذْتُ سَيْفًا أَعْجَبَنِي، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَبْ لِي هَذَا، فَنَزَلَتْ: {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَنْفَالِ} [الأنفال: ١] . وَالثَّالِثَةُ: إِنِّيْ مَرِضْتُ فَأَتَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أَقْسِمَ مَالِي، أَفَأُوصِي بِالنِّصْفِ؟ فَقَالَ: «لَا» ، فَقُلْتُ: الثُّلُثُ؟ فَسَكَتَ، فَكَانَ الثُّلُثُ بَعْدَهُ جَائِزًا. وَالرَّابِعَةُ: إِنِّي شَرِبْتُ الْخَمْرَ مَعَ قَوْمٍ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَضَرَبَ رَجُلٌ مِنْهُمْ أَنْفِي بِلَحْيِ جَمَلٍ، فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَنْزَلَ عَزَّ وَجَلَّ تَحْرِيمَ الْخَمْرِ
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
٢٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ: حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ قَالَ: حَدَّثَنَا سِمَاكٌ، عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ قَالَ: نَزَلَتْ فِيَّ أَرْبَعُ آيَاتٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى: كَانَتْ أُمِّي حَلَفَتْ أَنْ لَا تَأْكُلَ وَلَا تَشْرَبَ حَتَّى أُفَارِقَ مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ: {وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا} [لقمان: ١٥] . وَالثَّانِيَةُ: إِنِّيْ كُنْتُ أَخَذْتُ سَيْفًا أَعْجَبَنِي، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَبْ لِي هَذَا، فَنَزَلَتْ: {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْأَنْفَالِ} [الأنفال: ١] . وَالثَّالِثَةُ: إِنِّيْ مَرِضْتُ فَأَتَانِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنِّي أُرِيدُ أَنْ أَقْسِمَ مَالِي، أَفَأُوصِي بِالنِّصْفِ؟ فَقَالَ: «لَا» ، فَقُلْتُ: الثُّلُثُ؟ فَسَكَتَ، فَكَانَ الثُّلُثُ بَعْدَهُ جَائِزًا. وَالرَّابِعَةُ: إِنِّي شَرِبْتُ الْخَمْرَ مَعَ قَوْمٍ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَضَرَبَ رَجُلٌ مِنْهُمْ أَنْفِي بِلَحْيِ جَمَلٍ، فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَنْزَلَ عَزَّ وَجَلَّ تَحْرِيمَ الْخَمْرِ
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
24.Dari sa'ad bin abi waqosh berkata Turun pada ku 4 ayat dari kitabullah ta'ala:
1.Ibuku pernah bersumpah bahwasannya dia tidak akan makan dan minum sampai(sa'ad bin abi waqos) berpisah dari Muhammad s.a.w,maka turun ayat Allah 'azza wajalla{Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan ku dengan sesuatu yang kamu tidak menhetahui ilmu tentang itu,maka janganlah kamu mentaati keduanya,dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik.}[luqman:15]
2.Aku mengambil pedang yang membuatku kagum,lalu aku berkata:Wshai Rosulullah ! Berikan pedang ini untuk ku,lalu turun ayat Allah{Mereka menanyakan padamu(muhammad)tentang(pembagian) harta rampasan perang}[al-anfal:1]
3.Aku pernah sakit, lalu Rasulmembesukku, aku bertanya,Wahai Rasulullah s.a.w !Sesungguhnya aku ingin membagi hartaku, apakah aku wasiatkan separuhnya?Lalu Rasul menjawab,'Tidak.' Lalu aku berkata, 'Sepertiganya?.' Rasulullah terdiam. Lalu sepertiga tersebut (setelah diamnya Rasulullah) diperbolehkan.
4.Aku pernah minum khamarbersama masyarakat Anshar, lalu seorang di antara mereka memukul hidungku di Lahyai Jamal (tempat yang berjarak sekitar tujuh mil dariMadinah). Lalu akumendatangi Nabi s.a.w(melaporkankejadian itu), maka Allah Azza wa Jalla menurunkan ayat yang mengharam kan khamar" [Berkata syaikh al-bani shahih]
-Ibu sa'ad bin abi waqos dia dia bersumpah untuk tidak makan dan minum,ini menunjukqn bahwa orang yang berdemo di zaman sekarang yang mana sebagian mereka ada yang mogok makan maka hal ini sebagian dari perilaku yang di lakukan oleh orang jahiliyah dulu.
-Sa'ad bin waqosh meminta sebuah pedang pada Rosulullah hasil rampasan perang,lalu Allah pun menurunkan ayat 1 dari al-anfal untuk menjelaskan tentang pembagian harta rampasan perang.
-Berwasiat tentang pembagian harta waris menjelang ajal atau ketika sakit parah di sunahkan,sebagaimana yang di lakukan sa'ad pada satu anak perempuannya.
-Allah s.w.t mengharamkan khomer karena dia pintu segala keburukan dan khomer dapat menghalangi akal manusia,sebagaimana yang di lakukan oleh kaum anshor mereka memukul hidung sa'ad di karenakan mereka tidak sadar,akal mereka tertutup oleh khomer oleh karenanya Allah menurunkan ayat larangan meminum khomer.
٢٥ - حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ قَالَ: أَخْبَرَنِي أَبِي قَالَ: أَخْبَرَتْنِي أَسْمَاءُ بِنْتُ أَبِي بَكْرٍ قَالَتْ: أَتَتْنِي أُمِّي رَاغِبَةً، فِي عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَصِلُهَا؟ قَالَ: «نَعَمْ» . قَالَ ابْنُ عُيَيْنَةَ: فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِيهَا: {لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ} [الممتحنة: ٨
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
25.Dari asma bintu abu bakar berkata:Ibuku berkunjung kerumahku karena rindu,lalu asma mendatangi nabi dan bertanya apakah aku tetap menyambung silaturahim (berbuat baik)? Nabi s.a.w menjawab : Ya,
Sufiyan ibnu uyainah berkata: maka turunlah firman Allah s.w.t {Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangi kamu dalam urusan agama}[al-mumtahanah:8]
Kesimpulan hadits:
-Ibunya Asma ketika itu masih kafir dan ketika berkunjung padanya asma tidak tahu apakah harus menjamu atau melayani ibunya oleh karenanya ditanyakan pada Nabi s.a.w
-Ayat ini menunjukan bahwa di perintahkan seorang muslim untuk berlaku adil dan berbuat baik pada orang musyrik atau kafir termasuk pada orangtua,kerabat,teman dan yang lainnya.
Hadits no.26
٢٦ - حَدَّثَنَا مُوسَى قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقُولُ: رَأَى عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حُلَّةً سِيْرَاءَ تُبَاعُ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ابْتَعْ هَذِهِ، فَالْبَسْهَا يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَإِذَا جَاءَكَ الْوُفُودُ، قَالَ: «إِنَّمَا يَلْبَسُ هَذِهِ مَنْ لَا خَلَاقَ لَهُ» ، فَأُتِيَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهَا بِحُلَلٍ، فَأَرْسَلَ إِلَى عُمَرَ بِحُلَّةٍ، فَقَالَ: كَيْفَ أَلْبَسُهَا وَقَدْ قُلْتَ فِيهَا مَا قُلْتَ؟ قَالَ: «إِنِّي لَمْ أُعْطِكَهَا لِتَلْبَسَهَا، وَلَكِنْ تَبِيعَهَا أَوْ تَكْسُوَهَا» ، فَأَرْسَلَ بِهَا عُمَرُ إِلَى أَخٍ لَهُ مِنْ أَهْلِ مَكَّةَ قَبْلَ أَنْ يُسْلِمَ
[قال الشيخ الألباني] :
صحيح
26."Dari abdullah bin dinar berkata aku mendengar ibnu umar berkata: 'Umar bin khattab melihat pakaian terbuat dari sutra yang di jual,umar berkata:Ya Rosulullah ! Belilah baju ini lalu pakailan ketika hari jum'at dan ketika menerima tamu dari para qobilah,berkata Rosulullah s.a.w :<<Ketahuilah, yang memakai pakaian ini hanyalah yang tidak mendapatkan bagian (orang kafir dihari kiamat>>,Lalu Nabi dihadiahkan kepadanya beberapa pakaian tersebut, kemudian beliau memberikan (satu pakaian itu) kepada Umar, maka Umar berkata, 'Bagaimana aku memakainya sedang engkau telah mengatakan apa yang engkau katakan(melarang nya)?' Nabi menjawab, <<Sesungguhnya aku tidak memberikan pakaian itu kepadamu untuk kamu pakai, tetapi untuk kamu jual atau kamu berikan agar dipakai (oleh orang lain.)>> Kemudian Umar mengirim pakaian itu kepada saudaranya dari penduduk Makkah yang belum masuk Islam".
Kesimpulan hadits:
-Sutra itu diharamkan bagi kaum laki-laki dan di bolehkan bagi wanita.
-'Umar memberikan baju itu pada saudaranya yaitu saudara dari ibunya,di katakan juga saudara sesusu umar bin khattab.
-Berbuat baik pada non muslim itu di perintahkan apalagi dia saudara,kerabat atau teman kita dan berbuat baik hanya sebatas adab dan akhlak saja bukan mencintai mereka karena agamanya.
-Wallahu a'alam-
0 Komentar